Welcome to Official Weblog of Alam Yuda

Awas! Malware Chat Menyebar Via FB, Yahoo Messenger

Awas! Malware Chat Menyebar Via FB, Yahoo Messenger - Selamat pagi cah! CK hadir lagi disini, biasa mau share mengenai Malware yang menyebar via Chat. Sudah berapa kali ya cah kudus share mengenai Malware? Baca :
  1. Info Virus, Phising di Chat Facebook
  2. Info Virus Chat Facebook Lanjutan
  3. Virus, Malware Chat Facebook Baru Agustus 2011
  4. Info : Update Malware Chat Facebook September 2011
  5. Update Malware Chat Facebook Oktober 2011
Malware (Malicious dan Software) itu apa cah?
Perangkat lunak, program yang diciptakan manusia (yaiyalah) untuk merusak dan menyusup ke sistem komputer tanpa izin dari pemilik PC/ Laptop. Kurang lebihnya seperti itu cah. Mengapa kata menyusupnya saya tebalkan? Ya itu masalahnya terletak disitu. Malware tersebut tidak hanya beroperasi di Facebook saja, tetapi di Yahoo Messenger juga. Yang terinfeksi malware adalah PC/ Laptopnya, bukan facebook dan yahoo messenger nya. Mengapa kok cah kudus bilang seperti itu? Coba lirik lagi definisi dari malware diatas, yaitu Menyusup.

Awas! Malware Chat Menyebar Via Yahoo Messenger
Si malware cuma menyebar luaskan link gak jelas tersebut ke facebook dan yahoo messenger. Apakah sudah ada yang terkena malware kemudian info profil, foto, password dll acak-acakan/ berubah? Jika belum ada berarti benar, Si Malware tersebut kerjaannya cuma tebar pesona link yang ber-ekstensi .jpg/ .jpeg. Menurut cah kudus begitu, CMIIW ya. Hati-hati saja cah!

Awas! Malware Chat Menyebar Via Yahoo Messenger
Kadang kita penasaran, ada apa dibalik link tersebut, sepertinya kok HOT! dan Menarik karena ada ekstensi .jpg/ .jpeg, wkeke. Ehh, ingat! kalau menemukan link gak jelas tersebut di chat : JANGAN DI KLIK!, Berbahaya!. Tambahan, Menurut info yang dapat dari salah satu komentator blog cah kudus, namanya gan Dani Sukma :

Baru tadi siang komputer saya hampir terinfeksi, sebelumnya memang saya belum tahu ada malware yang menyebar melalui fb-chat. Seorang teman memberikan link photo via fb-chat, karena saya kenal dekat tanpa curiga langsung saya klik link tersebut dan langsung mendownload file ber-ekstensi .zip, tapi belum sampai selesai, langsung diblok oleh avast antivirus. Beruntung komputer saya sudah diinstal antivirus yg terus diupdate.

Intinya, jika meng-klik link ora umum tersebut secara otomatis mengunduh file ber-ekstensi .zip. Yang penting Anti Virus yang ada di PC/ Laptop Anda selalu ter-Update. Solusi lain, coba unduh Malwarebytes.
  • Download Malwarebytes disini!
  • Setelah di download, di instal
  • Scan PC/ Laptop Anda menggunakan Malwarebytes
  • Jika terdeteksi ada malwarenya, silakan di hapus
Sekian yang dapat saya sampaikan, jika teman-teman mempunyai pengalaman dalam mengatasi malware yang menyebar via chat, silakan share pendapatnya melalui kotak komentar. Semoga bermanfaat, semangat pagi!
Share/ CTRL D ➥

Awas! Malware Chat Menyebar Via FB, Yahoo Messenger

Baca dulu Panduan Cah Kudus!. Bantu saya memperbaiki blog ini. Hubungi saya jika Anda menemukan konten yang rusak atau aneh. Silakan beritahu saya dengan klik Contact Me!. Saya akan berusaha membalas atau memperbaiki konten secepatnya. Tulis kesan dan pesan Anda, klik Testimoni. Daftar Isi Blog lengkap, klik Sitemap. Bocoran artikel Cah Kudus ada disini, klik Subscribe Me!. Ingin follow blog Cah Kudus? silakan klik Follow Me!. Terima kasih.
Sudah membaca artikel ini apa belum sob?


Alam Yuda | Difference - Cah Kudus