Welcome to Official Weblog of Alam Yuda

Profil Difference - Cah Kudus

Nama:Alam Yuda
Alamat :Pasuruhan Lor, Kudus
Kutipan :Ilmu adalah salah satu kelezatan dunia,
jika ia diamalkan akan menjadi kelezatan akhirat
Weblog :http://yuuddaa.blogspot.com

Latar Belakang
Pandangan pertama mengenal BLOGSPOT.
Pandangan pertama saya kenal blogspot sangat tidak mengenakkan. Pertama kali kenal blog karena saya mendapat tugas dari guru saya pada saat kelas XI SMA. Adapapun syaratnya dalam memenuhi tugas, yaitu blog yang dibuat harus terdapat 2 artikel, kemudian disuruh mempresentasikan.

alam yuda megantaraDalam pikiran saya bingung, kenal blog aja nggak, haha.. Ini lagi dikenalkan malah disuruh presentasi. Meskipun begitu saya cari informasi dari teman-teman dan belajar bersama bagaimana cara mengganti template blog. Sepulang sekolah, saya berkunjung ke Lab.Komputer SMA 1 Kudus, rencananya mau membuat blog.. Saya tidak sendirian, ternyata banyak juga teman-teman saya yang belajar membuat blog. Yak baik, langsung saja.. saya menempati salah satu komputer yang tidak dipakai, kemudian saya buka http://www.blogger.com, klik Sign Up.

Email, nama, kata sandi dll sudah saya isi semua dan saya akan menuju langkah selanjutnya, tapi apa yang terjadi..? kata sandi saya salah/ tidak cocok, padahal saya mengetikkan dengan teliti dan benar. Hampir saja emosi karena kata sandi yang saya masukkan salah terus (haha.. sabar yudd) akhirnya saya bisa melanjutkan ke langkah berikutnya (entah sudah berapa kali saya mengulang kata sandi). Saya disuruh menentukan alamat blog. Enaknya kasih alamat apa ya? hmm, gak pake lama saya langsung mengetikkan yuuddaa, kemudian saya cek ketersediaan alamat tersebut ternyata tersedia. dan akhirnya terciptalah sebuah blog yang ber-alamatkan http://yuuddaa.blogspot pada tanggal 15 desember 2008. Langkah selanjutnya yaitu mengatur Judul dan Diskripsi Blog pada menu Pengaturan. Yang saya pikirkan bagaimana caranya agar blog ini beda dari yang lain dan kebetulan (wkwk, gak kebetulan lagi tuh, lahirnya memang di kudus kok) saya lahir di kota kudus. Difference - Cah Kudus, ya itulah judul blog yang tepat dan saya yakin tidak akan saya ganti lagi. Setelah menemukan judul yang pas, diskripsi blog yang ini saya kira pas juga, hehe..

perbedaan membuat dunia ini menjadi indah. selain itu perbedaanlah yang membuat kita untuk saling mengerti, memahami dan berbagi sesuatu dengan siapa saja. dan janganlah mendiskriminasi seseorang hanya karena perbedaan


Blog sudah jadi kemudian saya pulang. hehe.. Besoknya setelah pulang sekolah saya dibimbing teman saya (mas Ari Rif'an) di sebuah warnet dekat sekolah. Saya diajari cara mengganti template blog, Alhamdulillah, saya dapat memahami langkah-langkahnya. Setelah itu saya posting 2 artikel mengenai Google Earth dan Windows XP. Alhamdulillah lancar.. Nah, setelah hari H, perasaan saya (dug jedag jedug.. hahaha) bagaimana ini? Saya beranggapan bahwa, tugasnya itu disuruh presentasi beneran, kemudian disuruh menjelaskan fitur-fitur yang ada di blog dan mengapa memposting artikel tersebut.

Ehh, setelah memasuki lab.kom dan mendengarkan penjelasan dari guru saya ternyata tidak disuruh presentasi (wew), melainkan disuruh mengganti template, memasukkan gambar dalam posting dan menunjukkan postingan sebelum dikasih gambar dan postingan setelah dikasih gambar.. Pada saat ganti template lancar tapi setelah tahap ke-2 yaitu memasukkan gambar saya bingung sendiri, hahaha.. Hasil akhirnya gak jelas, yang saya tunjukkan malah postingan setelah dikasih gambar saja :D

Itulah sedikit cerita aneh saya, hehe.. Memasukkan gambar saja masih bingung, apalagi mengenal dan memahami SEO (Search Engine Optimization), CSS (Cascading Style Sheet), JS (JavaScript), Memodifikasi template dan kawannya, haduh parah banget pokoknya, bisanya cuma ganti template, ahihihi..

Gara-gara pandangan pertama mengenal blogspot sudah tidak mengenakkan, akhirnya saya memutuskan untuk berhenti nge-Blog. Apakah perjuangan saya berhenti sampai sini? Sayangnya TIDAK!

Semangat nge-BLOG!
Entah ada bisikan apa, tiba-tiba pada bulan agustus 2009 (kelas XII SMA semester I) saya ingin mengelola blog saya dengan baik. Alhamdulillah, nyali saya untuk menulis artikel, memodifikasi template sudah ada. Saya mencari tutorial tentang blog di mbah google dengan semangat. Iseng-iseng cari tutorial, ternyata saya terdampar di blognya Mas Doyok (Muhammad Hidayatullah), wkwkwk. Dia adalah guru nge-blog saya yang pertama kalinya.

Saya selalu mengikuti update artikelnya masdoyok. Alhamdulillah saya dapat memahami artikel-artikelnya masdoyok. Ilmu yang saya dapat cukup banyak. Setelah mengenal masdoyok, saya menemukan blognya Kang Rohman (Rohman Abdul Manap) dan O-om (Agus Ramadhani). Ilmu yang saya dapat dari kang rohman dan O-om juga banyak. Tutorial ngeblog yang disajikan komplit. Selain itu saya belajar nge-blog dari blognya Kang Salman (Abdul Salman Kusumah), orangnya ramah sekali lho, hehe. Menu melayang disisi kiri blog ini dan Menu Login (telah saya modifikasi, diatasnya header) saya dapatkan di blognya Kang Salman. Terima kasih mas doyok, kang rohman, o-om, kang salman. Ilmu blogging yang Anda sajikan sangat bermanfaat, sukses selalu ya.

Dulu sempat ganti template terus karena gak srek (tidak cocok) dengan konten yang saya sajikan. Alhamdulillah saya menemukan template yang (menurut saya) bagus dan cocok di hati, pertama kali lihat template ini, Subhanallah.. warna birunya bagus sekali.
Saya mengucapkan terima kasih kepada Kang Kendhin, karena telah menyediakan template ini secara Gratis :). Nah setelah mendapatkan template ini saya mencoba memodifikasi tampilan blog ini. Tampilannya gak jelek-jelek amat, Alhamdulillah jadinya Sederhana kyak gini.

Tujuan nge-BLOG!
Tujuan saya nge-BLOG adalah berbagi ilmu pengetahuan yang saya milliki. Saya mengambil tema : Berbagi Tips Trik seputar Game, Internet dan Komputer karena saya suka sekali hal-hal yang berbau (berhubungan) dengan tema tersebut. Saya masih belajar dan terus mencoba menulis apa yang saya ketahui, kemudian saya tuangkan di blog ini. Semoga coretan sederhana yang saya tuliskan bermanfaat untuk semua orang :)

Harapan Saya
Semoga Blog Difference - Cah Kudus tetap eksis nge-blog. Sesuai dengan Profil Cah Kudus, intinya yaitu saya pengen berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman kepada teman-teman semua. Mari kita sama-sama belajar :)
Saya hanyalah manusia biasa yang jauh dari kesempurnaan, tetapi saya mencoba untuk melakukan yang terbaik. Saya sangat membutuhkan kritik dan saran dari teman-teman agar blog ini menjadi lebih baik, silakan berikan kritik dan sarannya lewat menu Contact. Silakan berikan kesan dan pesan Anda lewat menu Testimonial. Terima kasih kawan :)

Share/ CTRL D ➥

Profil Difference - Cah Kudus

Baca dulu Panduan Cah Kudus!. Bantu saya memperbaiki blog ini. Hubungi saya jika Anda menemukan konten yang rusak atau aneh. Silakan beritahu saya dengan klik Contact Me!. Saya akan berusaha membalas atau memperbaiki konten secepatnya. Tulis kesan dan pesan Anda, klik Testimoni. Daftar Isi Blog lengkap, klik Sitemap. Bocoran artikel Cah Kudus ada disini, klik Subscribe Me!. Ingin follow blog Cah Kudus? silakan klik Follow Me!. Terima kasih.
Sudah membaca artikel ini apa belum sob?


Alam Yuda | Difference - Cah Kudus