Welcome to Official Weblog of Alam Yuda

Command Prompt - Powercfg Energy

Pada kesempatan ini saya akan share mengenai command prompt. Saya jadi ingat pada saat chatting dengan teman facebook saya, mas Ardian Bekti (ishakunikki) tanggal 7 februari 2011 (tengah malam). Teman saya share ilmu kepada saya mengenai cmd (command prompt). yaitu powercfg -energy.
Fungsinya apa?. Fungsinya untuk cek beban sistem di battery (bahasa gampangnya baterai laptop). hehe. Caranya begini :
  1. Silakan tekan windows R pada keyboard Anda, ketikkan cmd. klik tombol
  2. Muncul command prompt (cmd), silakan ketikkan perintah powercfg -energy. Lihat hasilnya, ahaha
  3. Anda pasti bertanya-tanya, lho kok muncul begini sob? : The ENERGY command requires administrator privileges and must be executed from an elevated command prompt
  4. Hehe, itu artinya Anda harus menjalankan command prompt menggunakan profil administrator. Lha terus caranya bagaimana cah?
  5. Silakan tekan tombol start - pada kotak search programs and file ketikkan cmd. Nanti muncul icon cmd berwarna hitam, silakan klik kanan pilih Rus as administrator
  6. Ketikkan (lagi) powercfg -energy

  7. Tunggu selama 60 detik (1 Menit). Nanti muncul pemberitahuan Error, Warning dan Informational.
  8. Anda dapat membuka hasil detailnya lewat direktori C:\windows\system32\energy-report.html

Screenshoot diatas adalah hasil report laptop adik saya acer 4715z, error dan warningnya lumayan banyak, hehe.. Maklum laptop tua. Silakan dicoba, semoga bermanfaat :)
Share/ CTRL D ➥

Command Prompt - Powercfg Energy

Baca dulu Panduan Cah Kudus!. Bantu saya memperbaiki blog ini. Hubungi saya jika Anda menemukan konten yang rusak atau aneh. Silakan beritahu saya dengan klik Contact Me!. Saya akan berusaha membalas atau memperbaiki konten secepatnya. Tulis kesan dan pesan Anda, klik Testimoni. Daftar Isi Blog lengkap, klik Sitemap. Bocoran artikel Cah Kudus ada disini, klik Subscribe Me!. Ingin follow blog Cah Kudus? silakan klik Follow Me!. Terima kasih.
Sudah membaca artikel ini apa belum sob?


Alam Yuda | Difference - Cah Kudus