Welcome to Official Weblog of Alam Yuda

Komputer Tips - Mengenal Taskbar Pada Windows

Beberapa hari yang lalu saya sudah pernah membahas mengenai Aplikasi yang ada di System Tools, biar tidak bosan saya akan beralih topik ke Taskbar yang ada di Windows.
Sesuai dengan judulnya, saya akan membahas mengenai menu-menu sederhana yang ada di kotak dialog Taskbar and Start Menu Properties. Nah disitu kan ada 2 tab yaitu tab Taskbar dan tab Start Menu, tapi yang saya bahas khususnya tab Taskbar dulu.
Mari kita mengenal menu yang ada di Taskbar and Start Menu Properties bersama-sama :)

Silakan klik kanan Taskbar - pilih Properties
Kemudian akan muncul kotak dialog Taskbar and Start Menu Properties.

Disitu terdapat beberapa menu yaitu :
Lock the taskbar
Gunanya untuk mengunci taskbar Anda, misalnya taskbarnya tidak terkunci Anda dapat menggeser taskbar sesuai keinginan. Kalau sudah fix untuk menempatkan taskbarnya (boleh di samping / di atas / di bawah, pokoknya sesuai kehendak penggunanya) silakan dikunci lagi taskbarnya.

Tips Komputer - Mengenal Taskbar Pada Windows

Auto hide the task bar
Gunanya untuk menyembunyikan taskbar secara otomatis, jadi windows Anda tampak seperti fullscreen tanpa taskbar. Kalau pingin melihat taskbar tinggal mengarahkan pointer mouse ke arah bawah (tergantung Anda menempatkan taskbarnya dimana)
Keep the taskbar on top of other windows
Gunanya untuk menampilkan taskbar. Maksudnya begini, jika Anda tidak menyentang menu keep the taskbar on top of other windows taskbar Anda tidak tampak jika Anda sedang membuka aplikasi / folder dll. Taskbar akan tampak jika Anda menampilkan Desktop. Sebaiknya Anda memberi tanda centang agar taskbar Anda selalu tampak pada saat Anda membuka aplikasi / folder dll.
Group similar taskbar buttons
Gunanya untuk mengelompokkan program / aplikasi yang aktif di taskbar (menurut jenis / kategorinya). Misalnya saja Anda membuka file microsoft word yang jumlahnya ada 10, jika Anda memberi tanda centang pada menu ini otomatis aplikasi microsoft word yang tampil cuma 1. Kalau Anda ingin membuka file tinggal klik, nanti akan muncul file yang lain.

Tips Komputer - Mengenal Taskbar Pada Windows

Show Quick Launch
Gunanya untuk menampilkan icon yang ada di sebelah kanannya menu Start.
Show the clock
Gunanya untuk menampilkan jam.
Hide inactive icons
Gunanya untuk menyembunyikan icon dari aplikasi yang sedang aktif. Disamping menu Hide inactive icons terdapat tombol Customize. Anda dapat mengatur icon tersebut sesuai keinginan.
Pada pilihan :
Hide when inactive berarti menyembunyikan icon (sementara) Anda dapat menampilkannya lagi jika mengklik tombol panah yang ada didekatnya.
Always hide berarti menghilangkan icon (yang ada di dekat jam) dari taskbar.
Always show berarti iconnya akan tampil terus.

Tips Komputer - Mengenal Taskbar Pada Windows

Saya akan membahas mengenai menu-menu yang ada di tab Start Menu pada postingan selanjutnya.
Semoga bermanfaat :)
Share/ CTRL D ➥

Komputer Tips - Mengenal Taskbar Pada Windows

Baca dulu Panduan Cah Kudus!. Bantu saya memperbaiki blog ini. Hubungi saya jika Anda menemukan konten yang rusak atau aneh. Silakan beritahu saya dengan klik Contact Me!. Saya akan berusaha membalas atau memperbaiki konten secepatnya. Tulis kesan dan pesan Anda, klik Testimoni. Daftar Isi Blog lengkap, klik Sitemap. Bocoran artikel Cah Kudus ada disini, klik Subscribe Me!. Ingin follow blog Cah Kudus? silakan klik Follow Me!. Terima kasih.
Sudah membaca artikel ini apa belum sob?


Alam Yuda | Difference - Cah Kudus